Rabu, 09 September 2009

Skizofrenia

Beberapa hariyang lalu saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah salah satu teman lama.Ada suatuhal yang menyita perhatian saya yaitu salahsatu anggota keluarganya (kakak) dikurung dalam kamar,ketika saya bertanya penyebabnya kepada teman saya dengan muka kecewa dengan pertanyaan saya dia hanya bilang Skizofrenia. Cukup satu kata itu,lalusaya tak berani bertanya lebih jauh coz rada takut menyinggung perasan.

Sepulang dari perkunjungan lalu saya googling untuk membedah sesuatu yang menyita perhatian saya diatas. Dan inilah hasilnya, menurut situs wikipedia skizofrenia yaitu penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamine, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra).Indikator premorbid (pra-sakit) pre-skizofrenia antara lain ketidakmampuan seseorang mengekspresikan emosi: wajah dingin, jarang tersenyum, acuh tak acuh. Penyimpangan komunikasi: pasien sulit melakukan pembicaraan terarah, kadang menyimpang (tanjential) atau berputar-putar (sirkumstantial). Gangguan atensi: penderita tidak mampu memfokuskan, mempertahankan, atau memindahkan atensi. Gangguan perilaku: menjadi pemalu, tertutup, menarik diri secara sosial, tidak bisa menikmati rasa senang, menantang tanpa alasan jelas, mengganggu dan tak disiplin.

Menurut saya untuk dapat mengatasi skizofrenia tidak perlu mengadakan pemasungan.sebab pemasunga akan menyebabkan tekanan psikologis yang sangat berat, hilangnya rasa percaya diri atau bahkan keputus asaan yangakan berakibatfatal. Selain itu kondisi fisik penderita seperti otot akan melemah karena terbatasnya ruang gerak.

Dukungan dari keluarga ,teman dan lingkungan sangat diharapkan untuk membantu proses penyembuan. Kesibukan seperti membaca ,bermain atau mendengarkan musik,atau berolahraga akan dapat menetralisir rasa marahdan halusinasi. Yah semoga cepatsembuh teman.Hail...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar