Selasa, 07 Desember 2010

TEMPE

TEMPE
 Tempe adalah makanan hasil fermentasi terhadap biji kedelai.Tempe banyak dikonsumsi oleh kaum vegetarian sebagai pengganti daging.Selain rasanya yang lewzat
dan harganya yang murah tempe juga banyak memiliki banyak  kandungan gizi antara lain : Asam Lemak, Vitamin, Mineral dan juga dipercaya sebagai anti oksidan yang dapat mencegah penuaan dini serta kanker payudara.

Adapun cara membuat Tempe adalah

Peralatan
1. Wadah dan panci yang cukup besar untuk dipergunakan dalam merebus dan merendam kedelai.
2. 4 buah kantong plastik ukuran 1 kg.

Bahan
1. I kg Kedelai
2. Ragi tempe (dosis sesuai tertera dalam kemasan)

Rendam kedelai dalam wadah selama 24 jam. Biasanya kedelai akan berbusa, remas-remas kedelai dengan kedua telapak tangan untuk membuang kulit arinya. Kemudian cuci sampai bersih. Setelah bersih rebus kedelai dalam panci besar sampai empuk. Angkat dan buang airnya kemudian di cuci lagi untuk membuang kulit ari yang tersisa dan tiriskan hingga kering.

Simpan kedelai dalam wadah yang permukaannya lebar sampai dingin. Setelah dingin taburi kedelai dengan ragi aduk sampai merata. Masukan kedelai kedalam kantong plastik ukuran 1 kg (sesuai selera). Tutup rapat bagian atas plastik dengan cara dibakar dengan lilin. Kemudian lubangi bagian atas dan bawah plastik. Semakin banyak jumlah lubang semakin baik.

Simpan kantong plastik tadi di rak-rak agar sirkulasi udara pada bagian atas dan bawah plastik berjalan dengan baik. Simpan selama 36 jam.



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar