Senin, 26 Oktober 2009

Les Paul -- father of the electric guitar


Nama seseorang akan disebut dan melekat pada hasil karya atau prestasinya tersebut. Sebut saja Badden Powel sabagai bapak pandu dunia atau mungkin Charles Darwin dengan teori evolusinya yang kontroversial itu. Sebagai pecinta musik kurang afdol rasanya bila kita tak kenal dengan orang yang bernama Lester William Polfuss.

Well siapa dia??
Lelaki yang lahir pada 9 Juni 1915 ini lebih dikenal dengan nama Les Paul. Dia adalah gitaris handal serta penemu yang mengubah wajah rock n roll. Orang ini mengubah dunia musik dari era akustik menjadi era gitar listrik, serta menciptakan multitrack recording. Ide besar mendiang itu berawal antara tahun 1940 - 1941. Waktu itu Les Paul membuat gitar dari papan yang diberisambungan listrik. Peralatan musik yang diberi nama " THE LOG " itu menghasilkan sinyal listrik yang dapat diperbesar dan diolah. Instrumen inilah yang mengubah wajah dunia musik.

Perusahaan gitar gibson menangkap peluang bagus itu lalu mulai 1952 gibson memproduksi barang tersebut. Sejak itulah gitar listrik menjadi instrumen standar di dunia rok. Prestasinya membawa Lea menjadi satu-satunya orang yang berhasil dalam 4 Hall Of Fame AS, yakni Grammy Hall of Fame, The Rock n Roll Hall of Fame, The National iNVESTOR hAll of Fame dan International Broadcast Hall of Fame.




sumber : inspirasi
foto : fromthevaultradio.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar