Jumat, 11 Juni 2010

Analisa Gol Carlos Vela ( Afsel vs Meksiko PD 2010 )

Ada kejadian menarik pada laga pembuka PD2010 antara tuan rumah Afsel vs Meksiko yang berakhir imbang 1-1 yaitu ketika pada menit ke 37 pemain meksiko Carlos Vela menjebol gawang bafana - bafana. Gol tersebut dianulir wasit karena dianggap offside, padahal disana jelas terlihat masih ada Pienar yang sebagai orang terakhir di gawang Afsel, kontan saja hal itu menyulut kontroversi. mari kita lihat gol nya..




Namun menurut beberapa sumber yang menurut Aturan Laws Of  The Game keputusan wasit memang benar karena Menurut Laws of the Game FIFA, situasi pemain yang terjebak offside adalah:

"Saat ia lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan lawan kedua terakhirnya."

Menurut aturan tersebut, untuk onside, seorang pemain harus berada di belakang minimal dua pemain lawan saat menerima bola. Seorang penjaga gawang juga dihitung sebagai pemain lawan dalam hal ini.
Nah, jika dikondisikan pada kejadian yang berlangsung di menit ke-37 itu, maka Vela sah dinyatakan offside. Pasalnya, saat menerima bola hasil sundulan rekannya, pemain Arsenal itu berada sedikit di depan kiper Itumeleng Khune yang menjadi pemain lawan kedua terakhir Vela sebelum Steven Pienaar. Alhasil, gol Vela layak dianulir.
Cerita bakal berbeda jika pada situasi yang sama ada seorang lagi personil Bafana-Bafana yang menemani Pienaar menjaga tiang gawang Khune. Jika itu yang terjadi, maka gol Vela sah(bolanews.com)

Nah sekarang sudah jelas bukan.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar