Jumat, 22 April 2011

Kode Pos di Indonesia


Seiring perkembangan jaman surat menyurat melalui pos kini telah mulai sepi peminatnya.Untuk pesan text kini orang - orang lebih memilih mengirim lewat sms atau email dan fax yang lebih formal. Namun suka atau tidak suka surat menyurat melalui pos tidak bisa ditinggalkan karena mungkin ada suatu hal -hal yang tidak bisa dikirim melalui layanan elektronik diatas. Nah bicara mengenai pos kita tentu tidak bisa melupakan kode pos yang merupakan kunci dari alamat yang kita tuju.


Kode Pos di Indonesia sendiri terdiri dari lima digit angka. Angka pertama menunjukan kode Provinsi, lalu kota, kabupaten, kecamatan kemudian kelurahan.Untuk kode pos di wonogiripontianak, surabaya, medan, yogya, semarang, sidoharjo, pekanbaru, palembang, padang, pekanbaru dan kota - kota lainnya dapat anda lihat disini.


Menurut wikipedia didunia internasional sendiri negara yang pertama kali memakai sistem kodepos adalah Jerman pada tahun 1941, lalu diikuti Inggris pada tahun 1959 dan Amerika Serikat pada tahun 1963. Sampai dengan Februari 2005, 117 dari 190 negara anggota Universal Postal Union telah memiliki sistem kodepos masing-masing. Beberapa negara yang belum memiliki sistem kodepos adalah Irlandia, Hong Kong, Panama, dan Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar