Kamis, 26 November 2009

Ilmu Titen HOA - PAO (RIP)

Kepekaan nenek moyang kita telah melahirkan banyak sekali Ilmu titen yang mungkin tak pernah bisa dipelajari secara ilmiah. Namun bila kita mau realistis sejujurnya ilmu yang diwariskan oleh orang - orang yang hanya memakan bangku pendidikan setingkat SD itu telah banyak manfaatnya bagi kehidupan kita . Salah satuya adalah Ilmu Titen HOA - PAO .

HOA - PAO adalah kependekan dari H (hujan) O (Oktober) A (April) , P (panas) A (April) O (Oktober) yang dapat diartikan bahwa musim hujan berlangsung antara Oktober sampai April, sedang saat April sampai Oktober sudah dapat dipastikan kemarau akan datang.

Ilmu yang sangat sederhana ini sangat membantu petani guna menghitung saat yang tepat untuk nandhur ataupun panen. Bisa juga sebagai bahan rujukan guna menentukan kapan harus menanam padi dan kapan harus menanam palawija . Yah sederhana tapi sangat berguna, itulah kelebihan mereka dibanding kita para generasi penerus.


Namun kini Ilmu titen tersebut tinggalah kenangan seiring anomali cuaca yang semakin parah. Mungkin kurang lebih sekitar satu dekade kebelakang adalah akhir dari masa jaya Ilmu Titen HAO - PAO. Sampai sekarang pun BMKG yang mewakili produk modern agaknya sulit untuk menentukan kapan hujan dan kapan panas. Mungkin alam mulai bosan dengan kemunafikan kita yha. . .hmm whatever . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar