Senin, 28 Maret 2011

TURNING



Well entah mengapa akhir - akhir ini pikiran dalam otak saya mulai teringat dengan suatu kenangan.Entah itu kenangan manis atau kenangan - kenangan buruk "bersamanya". Namun kata "bersamanya" bukan merujuk pada suatu inisial yang sering saya sebut dalam status pacebuk saya tetapi merujuk pada suatu benda yang menyimpan berbagai kenangan, well dialah Turning atau disebut juga bubut atau mungkin Lathe work.



Ahahahha yah dulu saya menghabiskan banyak waktu, keringat, tenaga dan pikiran saya bersama mesin yang bernama mesin Turning. 3 tahun sekolah + 1 tahun kuliah membuat saya tidak akan pernah melupakan kisah - kisah bersama turning. Apalagi saat sya kuliah telah terjadi suatu tragedi yang berasal dari kebodohan saya yang mengakibatkan sang mesin turning terluka parah T_T ahihihiih. Okelah life must go on, itulah proses pendewasaan diri.

Seingat saya intinya Turning adalah suatu proses permesinan dimana benda berputar pada porosnya dan alat potong bergerak melakukan pemakanan. Ya benda berputar dan alat potong bergerak melakukan pemakanan itulah perbedaan signifikan antara Turning dan Milling. Dalam proses Milling justru sebaliknya, alat potong yang berputar pada sumbunya sedangkan benda kerja bergerak untuk dimakan.


Umumnya hasil dari proses turning adalah benda - benda silindris. Macam - macam prosesnya yaitu facing, making diameter, groving, knurling, boring, drilling, champering, threading, reaming.

Sedikit dari saya semoga berguna...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar