Selasa, 30 Maret 2010

Piala Dunia Anak Miskin 2010


Piala Dunia 2010 merupakan pesta sepak bola dunia. Dibalik perhelatan mewah turnemen empat tahunan itu, FIFA juga akan membawa misi sosial.



Selama berlangsungnya Piala Dunia yang akan diadakan pada 10 Juni hingga 10 Juli, FIFA juga akan menggelar fertival sepak bola bagi anak-anak miskin di Afrika Selatan.

Dalam fertival bertajuk "Football For Hope" itu FIFA akan bekerjasama dengan dengan LSM global streetfootballworld untuk mempromosikan proyek-proyek membantu anak-anak kurang mampu demi mengatasi masalah-masalah sosial.

"Ada banyak anak muda yang melakukan hal-hal buruk di Alexandra dan saya bersyukur kepada Tuhan karena saya bukan bagian dari mereka. Tanpa sepak bola maka mungkin mereka akan melakukan tindakan kejahatan," kata Sello Mahlangu, anak berusia 18 tahun asal Afsel.

Mahlangu hadir dalam upacara peluncuran festival yang diadakan di Alexandra, Afsel, Kamis (25/3). Ia merupakan salah satu dari lebih dari 200 anak-anak yang kurang beruntung dari seluruh dunia yang akan bermain dalam sebuah festival yang diadakan pada 4-10 Juli itu.

Mahlangu adalah seorang anggota proyek lokal Play Soccer yang merupakan salah satu dari delapan anak-anak yang akan membentuk Tim Alexandra. Mereka akan bersaing dengan tim lain yang berasal dari 31 negara.

Direktur Streetfootballworld, Jurgen Griesbeck mengatakan tim-tim yang dipilih untuk komitmen mereka untuk mengatasi masalah-masalah sosial dari tunawisma di London, ranjau darat di Kamboja, pendidikan AIDS di Afrika Selatan dan integrasi pengungsi di Australia.

"Kita berbicara di sini tentang model peran, kita berbicara tentang orang-orang yang juara dalam komunitas mereka, orang-orang yang juga adalah masa depan kita," kata Griesbeck kepada Reuters dalam acara peluncuran "Football For Hope".

Ajang ini semakin mrmpertegas misi FIFA bahwa sepak bola lebih dari pendapatan dan jutawan besar bagi pemain. "Piala Dunia ini bukan hanya tentang bintang-bintang besar yang akan datang ke Afrika Selatan. Festival ini akan mewakili Piala Dunia dari harapan lain, perubahan dan peluang," jelas ketua penyelenggara lokal, Danny Jordaan.

FIFA memang sangat peduli dengan masa depan dunia ini. Selain mengurus sepak bola, FIFA juga menyebarkan misi sosial bagi untuk anak-anak maupun warga miskin di seluruh dunia.(bolanews.com)

Photo from : http://qitori.files.wordpress.com/2008/07/anak_miskin.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar